Advertise Box

Barcelona v Valencia: Dilema Villa

BARCELONA - Tahta Valencia di Liga Primera dipertaruhkan di jornada (pekan) ketujuh. Itu karena Valencia bakal melakoni away berat ke kandang Barcelona dini hari nanti (siaran langsung TV One pukul 01.00 WIB). Laga itu sekaligus menguji rekor positif Valencia.

Selain Real Madrid, Los Che - sebutan Valencia - merupakan tim yang belum tersentuh kekalahan sejauh ini. Dari enam laga, tim besutan Unai Emery itu mengoleksi 16 poin hasil lima kali menang dan sekali imbang.

Bandingkan dengan Barcelona yang berada di peringkat keempat dan terpaut tiga poin dari Valencia. Tapi, El Barca - sebutan Barcelona - berpeluang menyamai perolehan poin Valencia apabila menjadi tim pertama yang berhasil "memecah telur" Los Che.

Selain persaingan di klasemen, bentrok Barca versus Valencia disorot karena faktor David Villa. Ya, inilah kali pertama Villa akan menghadapi klub yang pernah membesarkan namanya. Penyerang yang baru saja mengukir rekor sebagai top scorer sepanjang masa Spanyol (45 gol) itu membela Valencia selama lima tahun sebelum digaet Barca di awal musim ini.

Villa sebelumnya diragukan tampil karena nyeri di tendon lutut kirinya. Tapi, kabar terakhir menyatakan bahwa El Guaje - julukan Villa - sudah fit setelah mampu menjalani secara penuh sesi latihan dua hari terakhir.

"Valencia merupakan klub yang masih ada di hati saya. Tapi, saya akan bersikap profesional di laga ini seperti ketika saya menghadapi Sporting Gijon dengan kostum Valencia," kata Villa di situs resmi Barcelona.

Meski begitu, penyerang berusia 28 tahun itu masih saja memberi perkecualian. Yakni janjinya untuk tidak menggelar selebrasi apabila mencetak gol ke gawang Valencia. "Saya akan berusaha mencetak gol. Tapi, untuk menghormati semua orang di sana (Valencia, Red), saya memilih tidak akan merayakannya," tutur penyerang yang sudah mengemas empat gol dari delapan laga bersama Barca itu.

Carles Puyol, kapten Barca, berusaha memberi support kepada Villa. Puyol tidak memungkiri apabila seorang pemain bakal menghadapi dilema ketika harus berhadapan dengan mantan klubnya. "David (Villa) memang dikenal karena membela Valencia. Namun, itu masa lalu. Saya yakin David (Villa) akan tampil serius menghadapi Valencia. Semua orang di Barca tidak akan meragukan profesionalisme-nya," jelasnya.

Dari kubu tamu, Valencia bakal memberi perhatian lebih kepada Villa, selain tentunya, Lionel Messi. "Villa adalah striker terbaik di Spanyol saat ini dan apa yang diraihnya bersama timnas adalah buktinya. Bersama Messi, saya pikir Barca telah memiliki lini depan terbaik di dunia saat ini," kata Aritz Aduriz, striker Valencia, kepada Marca.

Aduriz tak lain adalah striker yang diplot sebagai pengganti Villa. Sejauh ini, mantan penyerang Real Mallorca itu mampu mengisi peran sebagai top scorer Valencia dengan koleksi empat gol dari enam laga. "Villa tetap Villa. Tidak ada yang bisa menggantikan perannya di Mestalla (kandang Valencia, Red)," kelit Aduriz yang mencatat debut bersama timnas Spanyol saat melawan Lithuania di kualifikasi Euro 2012 pekan lalu (8/10) itu.

Kendati memiliki Aduriz, agresivitas Valencia kemungkinan akan berkurang seiring absennya dua pilar mereka di sektor kanan. Itu seiring cedera yang menimpa winger Joaquin Sanchez dan full back Miguel Brito. Pablo Hernandez dan Bruno Salter, yang kemungkinan besar menggantikan keduanya, dianggap lebih memiliki karakter bertahan. (dns)

Perkiraan Pemain

Barcelona (4-3-3): 1-Valdes (g), 2-Alves, 3-Pique, 5-Puyol, 19-Maxwell; 16-Busquets, 14-Macherano, 15-Keita; 10-Messi, 7-Villa, 8-Iniesta
Pelatih: Pep Guardiola
Kostum Tim: Merah strip Biru-Biru
Kostum Kiper: Biru muda-Biru muda

Valencia (4-4-1-1): 1-Cesar (g); 2-Bruno, 4-Navarro, 20-R.Costa, 22-Mathieu; 19-Pablo, 5-Topal, 24-Tino Costa, 10-Mata; 8-Dominguez; 11-Aduriz
Pelatih: Unai Emery
Kostum Tim: Putih-Hitam
Kostum Kiper : Abu-abu--Abu-abu

Stadion: Nou Camp, Barcelona
Wasit: Fernando Teixeira Vitienes

Empat Bentrok Terakhir (Liga Primera)
14-03-2010    Barcelona v Valencia     3-0
17-10-2009    Valencia v Barcelona     0-0
25-04-2009    Valencia v Barcelona     2-2
06-12-2008    Barce lona v Valencia    4-0

Di atas kertas
Barcelona tidak terkalahkan dalam tujuh bentrok terakhir melawan Valencia di Nou Camp. Tiga laga terakhir bahkan dimenangi Barca dengan agregat 13-0. Kali terakhir Valencia menang di Nou Camp adalah tujuh tahun lalu dengan skor tipis 1-0 berkat gol Ricardo Oliveira.

Bursa Asian Handicap
Barcelona v Valencia     0 : 1 1/4

+ Add Your Comment

Sponsored by