Advertise Box

Autobiografi Muhammad Arif Fatria




Pada tanggal 27 desember tahun 1994 hari sabtu pagi. di sebuah rumah sakit yang berada di tengah kota tanjung pinang lebih kurang pukul 05.00 WIB lahirlah seorang bayi kembar berjenis kelamin laki-laki. Bayi tersebut bernama muhammad arif fatria dan muhammad akbar fatria. Kami putera keempat sekaligus kelima dari keluarga fatria. Karena yang lebih duluan keluar adalah akbar. saya tetap dituntut untuk memperlakukannya sebagai seorang abang. Fatria itu kata ayah adalah nama dari keluarga kami. Ayah saya seorang PNS yang bekerja di dinas perhubungan kota tanjung pinang saat itu.namun sekarang sudah di mutasi kerja ke daerah pasir pengaraian  Tak jauh berbeda dengan ayah, ibu saya juga merupakan seorang PNS namun beliau lebih tertarik dalam bidang kesehatan, beliau adalah seorang dosen akbid di politeknik kesehatan.
Saya merupakan anak bungsu di dalam keluarga jadi tidak heran kalo saya sedikit manja. Saya mempunyai 2 abang laki laki dan 2 abang perempuan. Abang saya bernama frima bobby fatria dan muhammad akbar fatria. Kemudian kakak saya bernama gita alfiani fatria dan miftari ledyska fatria. Mereka semua rata rata sudah berpenghasilan sendiri dan tinggal hanya saya dan akbar yang masih bersekolah.
Saya mulai masuk ke dalam dunia pendidikan formal ketika berumur 6 tahun. Waktu itu saya di masukan ke sebuah Taman Kanak-kanak (TK) tepatnya TK BABUSSALAM yang sangat jauh dari rumah. Satu tahun saya jalani hari-hari bersama teman dan begitu juga dengan kembaran saya di TK tersebut. Dan setelah itu, jenjang pendidikan saya lanjutkan pada sebuah Sekolah Dasar Negri, SDN 030. Yang saya ingat, waktu saya masih tingkat SD, saya adalah seorang anak yang sangat pendiam. Berbeda dengan kembaran saya yang sangat hiperaktif, Akan tetapi di dalam prestasi saya lumayan membanggakan.Alhamdulillah dari kelas 1 sampai kelas 6 saya selalu masuk 5 besar. Dan selalu mendapat nilai yang lebih tinggi dari kembaran saya akbar,hehehe. Satu hal yang tidak akan pernah saya lupakan, pada saat SD saya menjadi seorang guru renang  dadakan kepada teman teman yang ingin belajar renang.namun itu tidak gratis untuk biayanya saya batasi Rp.5000 /orang. Hehehe
Sejak kecil saya hobi renang. Maka dari itu sekali seminggu orang tua saya sering membawa saya untuk pergi berenang bersama. dan saya juga pernah mengikuti perlombaan renang yang saat itu diselenggarakan di minas, dan alhamdulilah saya mendapatkan juara pertama dalam lomba renang tersebut. Satu keinginan saya yang belum kesampain yaitu ingin membuat kolam berenang di belakang rumah.hehehe
Tahun pelajaran 2006-2007 saya masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan SMPN 5 Pekanbaru lah yang menjadi pilihan saya dan kedua orang tua saya pada waktu itu. Lumayan agak sedikit susah juga untuk masuk ke sekolah ini, karena sekolahnya termasuk sekolah favorit dan untuk masuk kita harus melalui serangkaian tes tertentu. Tapi syukur alhamdulillah saya dapat melalui tes tersebut. Pada tingkat pendidikan ini lah saya mulai mengenal dunia keorganisasian. Saya bergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). dan alhamdulillah dipercaya menjadi ketua pada seksi kerohanian, Ada beberapa pilihan badan organisasi yang ditawarkan di SMP pada waktu itu, akhirnya saya memilih PMR. Banyak sekali pengalaman yang saya dapat ketika masuk dalam organisasi ini. Dalam latihan ekskul pmr kami bukan hanya latihan rutin di sekolah saja.namun setiap hari minggu kami juga diberi latihan umum di PMI. Semenjak inilah saya mulai tertarik menjadi dokter kecil. Hingga puncaknya kami dilantik dan resmi menjadi anggota PMR MADYA kota pekanbaru.
Prestasi yang saya dapat ketika SD tidak jauh berbeda juga saat di SMP. Alhamdulilah kelas 7 saya mendapat juara 2 di kelas. Namun semua menurun disaat saya menduduki kelas 8 dan 9. saya tidak mendapatkan juara, hanya masuk dalam ranking 10 besar. Itu semua di karenakan saya kecanduan game online dan social network “friendster dan facebook” sehingga kurangnya jadwal belajar. Hobi saya bergentayangan di dunia maya ini dimulai saat akhir semester kelas 7 / satu smp. Setelah libur semester ayah memasang speedy dirumah. Dan setelah seminggu saya banyak belajar tentang teknologi yang satu ini akhirnya saya mahir menggunakan internet dan saya kecanduan.hahaha #factaboutme.
Tidak hanya pada waktu SD saya mendapat pengalaman yang tidak mungkin dilupakan, pada waktu SMP juga saya mendapatkannya. Pengalaman yang tidak akan dilupakan ini terjadi ketika saya duduk di bangku kelas 1 SMP. Karena disinilah saya akhirnya mengenal apa itu cinta. Di bangku smp saya menemukan cinta pertama saya.hehehe. Saya banyak belajar dengannya agar menjadi proses pendewasaan yang baik. Semenjak smp inilah saya banyak berubah dan membuang semua kebiasaan kekanak-anakan saya saat di bangku sekolah dasar. Dia sangat mengalihkan dunia saya.
Setelah menyelesaikan pendidikan di tingkat SMP, saya pun mulai masuk jenjang pendidikan tingkat SMA. Saya masuk ke SMAN 5 PEKANBARU. sekolah ini bisa dikatakan sebagai SMA yang paling di favoritkan di kota pekanbaru. berbeda seperti ketika saya hendak masuk SMP, sebelum masuk SMA ini saya agak lebih sedikit legah karena syarat masuk disini hanya menghitung dari nilai rapor dan nilai un.dengan itu saya sedikit lebih optimis. dan alhamdulillah saya bisa melewatinya juga.
Pengalaman berorganisasi yang saya dapatkan waktu duduk di bangku SMP. saya terapkan kembali di lingkungan SMA. Karena di SMA 5 saya kembali mengikuti kegiatan OSIS dan MPK dimulai sejak saya menginjak kelas 10. namun bedanya di SMA saya kurang tertarik untuk mengikuti kegiatan PMR dengan alasan saya ingin mencari suasana baru dan tantangan baru. Akhirnya organisasi PASSUS lah yang mengenak di hati saya. Sangat banyak pengalaman yang berkesan disini. Dimulai dari latihan rutin setiap minggunya. Mental saya benar benar diuji disini. Saya ditempah dilatih PBB agar bisa menjadi pasukan pengibar bendera. diluar latihan rutin passus disekolah saya juga mengikutinya yaitu latihan di PENDOPO. Banyak pengalaman yang tidak bisa saya lupakan disini,karena disini kami membaur dengan seluruh anggota passus sekolah-sekolah lain sekota-pekanbaru. Hingga puncaknya setelah pengukuhan saya dilantik dan resmi sebagai PASKIBRA kota Pekanbaru.
Pada saat penjurusan, tepatnya waktu saya duduk di kelas 2 SMA. Saya masuk jurusan IPA. Ini benar benar jurusan pilihan saya tanpa ada paksaan dari orang tua. Dan perlahan saya memang sangat nyaman berada dikelas ipa ini. Saya duduk di kelas XI IPA 6 dengan walikelas ibu Yuli Hiqmah. Hingga saat ini hari-hari yang saya lalui diisi bersamateman teman Esensial’s atau nama keren dari kelas XI IPA 6. untuk dirumah sekarang saya mulai mengurangi kegiatan-kegiatan diluar karena sebentar lagi mau ujian kenaikan kelas saya ingin lebih focus belajar agar naik kelas dan mendapat nilai yang bagus. Jika jenuh belajar saya bawa untuk bertwitter ria dan bermain keyboard.
Singkat riwayat hidup saya. semoga autobiografi ini memberikan manfaat bagi saya di kehidupan kelak.untuk hidup lebih baik lagi.amin..

+ Add Your Comment

Sponsored by