Advertise Box

Tokek Rumah



CARA MEMILIH TOKEK

Sabtu, 22 Mei 2010





Cara Memilih Tokek Andalan :
  1. Pilih tokek berwarna cerah
  2. Pilih bintik-bintik pada tokek sekasar mungkin hingga menyerupai duri
  3. Untuk dibesarkan pilih tokek minimal dengan berat 1,5 ons dengan pangkal ekor sebesar ibu jari/jempol dengan panjang minimal 30 cm.
  4. Hindari Tokek dengan ekor yang menyerupai ekor tikus
  5. Ekor tokek yang sempurna : Terdapat garis-garis tiap ruasnya minimal berjumlah 3, garis ekor tokek yang sempurna berjumlah 9 garis putih.
  6. Pilih postur kepala pada tokek setebal mungkin tidak gepeng/pipih, semakin bulat bentuk kepala tokek dari banyak pengalaman tokek berkepala bulat lebih cepat besar dibanding tokek berkepala lonjong.
  7. Disarankan memilih tokek warna dasar merah, hijau dan putih. tiga tokek tersebut mendominasi ukuran besar dan berat badan.
  8. Pilih mata tokek semelotot mungkin dan hindari tokek bermata cekung, krn mata cekung pada tokek suatu tanda umur tokek dapat dihitung 2 sampai 5 hari tokek akan mati.
  9. Pilih tokek bersuara 7 dan 9 kali konon primbon jawa mengatakan keberuntungan akan datang pada pemilik rumah/pemilik tokek tsb.

Tokek Rumah

Selasa, 11 Mei 2010




Memahami Perawatan Tokek Rumah :
  1. Dimalam Hari Setelah Adzan Magrib : Makanan Tokek Harus Sudah Tersedia
  2. Jangan terlalu banyak penerangan pada kandang tokek dan jangan pula gelap gulita. penerangan membuat tokek stress/tdk mau makan, gelap gulita membuat tokek mudah bertengkar jadi cukup cahaya remang-remang.
  3. Jangan pernah meniup tokek peliharaan anda bila tidak percaya dpt dicoba.
  4. Jangan diganggu disaat pergantian kulit.
  5. Hindari gigitan semut merah.
  6. Disiang hari sediakan tempat gelap sebagai tempat sembunyi tokek.

Cara Beternak Tokek

Senin, 08 Maret 2010

Cara Mudah Beternak Tokek & Perawatannya :

Kandang :
  • Pilih bahan dasar kandang yang terbuat dari kayu / kamar kosong, minimal luas kandang untuk beternak tokek 2Meter x 1Meter x 70 Cm.
  • Bumbung Bambu, Sebagai tempat bertelur dan persembunyian tokek diatur dengan berbagai posisi atas, tengah dan bawah bila memungkinkan berikan plafon pada bagian atas, tokek akan mencari tempat bertelur pada tempat persembunyian yang ia merasa nyaman bila persembunyian atas terlalu panas maka tokek akan bertelur pada bambu bagian bawah dan sebaliknya bila persembunyaian bawah terlalu dingin tokek akan bersarang di bagian atas.
  • Satu ekor betina tokek dapat bertelur 1 hingga 2 kali dalam 1 minggu, dengan sekali bertelur 1 betina tokek menghasilkan 2-3 butir telur, tempat bertelur tokek biasanya digunakan lebih dari 1 ekor betina sehingga secara bergantian betina-betina tokek akan bertelur pada tempat yang sama.

RAMUAN KHUSUS UNTUK MAKANAN TOKEK AGAR TOKEK SEHAT DAN ANTI STRESS
  1. Bubuk Vitamin u/ anak ayam campur secukupnya dengan air dan berikan pada tempat jangkrik cukup 1 tutup botol aqua (bukan u/ tokek).
  2. Akar dan daun Gingseng berikan pada tempat jangkrik (bukan u/ tokek).
  3. Jangkrik yang telah memakan minuman vitamin + Akar dan daun Gingseng BERIKAN PADA TOKEK. Manfaat : Tokek akan bertelur lebih cepat dengan jumlah lebih banyak.

Cara Penjodohan Tokek
  1. Ciri-ciri tokek Jantan : terdapat 2 gundukan / tonjolan bagian tubuh dibagian bawah pangkal ekor, warna cerah, tubuh berbintik kasar dan timbul, wajah garang dan bintik kuning tidak dominan.
  2. Ciri-ciri tokek Betina : Tidak terdapat gundukan pada bagian bawah pangkal ekor, warna lebih dominan kuning, tubuh / bintik kulit terlihat rata / halus.
  3. Cara Penjodohan sangat mudah masukkan tokek dengan berbagai warna dalam 1 kandang dimalam hari tokek akan memilih dengan sendirinya pasangan mereka.
  4. Ciri-ciri tokek yang sudah jodoh: jenguk disiang hari ketika dalam 1 bambu terdapat 2 tokek maka jangan diganggu, khusus tokek yang berada sendirian dalam 1 bambu kita ambil agar tidak mengganggu tokek yang telah jodoh.
  5. Tutup kandang tokek penjodohan menggunakan selambu warna gelap agar tidak terganggu sehingga tokek betina lebih cepat bertelur.






Membuat Kandang Tokek Sederhana

Senin, 04 Januari 2010

Membuat Kandang Tokek Sederhana / standart kandang tokek agar bobot tokek dapat mencapai 3 ons sangat mudah untuk perlengkapannya siapkan:
  1. Aquarium / kandang kayu minimal ukuran P=100Cm x L=50Cm X T=70Cm
  2. Koran
  3. Bumbung bambu
  4. tempat minum
  5. kawat ram / kasa
Seperti Pada Gambar Berikut :







Penjelasan :
  1. Untuk kandang diatas tokek maximal berisi 3-4 ekor, dengan syarat masing-masing tokek memiliki tempat persembunyian yang berupa bumbung bambu. manfaat bumbung bambu : sebagai tempat persembunyian tokek agar tidak mudah streess, suatu tempat persembunyian tokek yang sederhana dan terbuat secara alami, aroma bambu disenangi oleh tokek, membuat tokek suka bernyanyi (berbunyi), menambah kemerduan suara tokek serperti efek Surround Sound, memudahkan pemelihara didalam perawatan kotoran tokek secara berkala karena disiang hari pasti tokek tersebut berada dalam bambu tersebut, sehingga kita dengan mudah memindahkan sementara untuk membersikan kandang tokek, tokek tidak akan merasa terganggu disaat kita membersikan kandang.
  2. Fungsi koran sebagai alas kotoran tokek bermanfaat sebagai penyerap bau / air dan menjaga kandang dalam kondisi kering. karena kandang yang lembab / berair tokek rentan terkena penyakit selain itu kotoran tokek yang slalu basah akan cepat menjadi set / kuman penyakit oleh sebab itu disarankan alas koran dirangkap 3-5 rangkap. untuk kandang seperti diatas dapat kita bersikan secara berkala 1 minggu sekali
  3. Kawat ram sebagai penutup aquarium selain bermanfaat sebagai pengaman juga bermanfaat sebagai fentilasi udara yang baik / mengurangi bau kotoran. jadi sebaiknya tempatkan kandang tokek pada tempat yang teduh dan slalu terkena hembusan angin.

+ Add Your Comment

Sponsored by